Pages

Selasa, 29 Desember 2015

Isu Keperawatan

Isu Keperawatan: Distrisbusi dan Ancaman dari Tenaga Luar

Jakarta - Distribusi dan kompetensi masih menjadi masalah pada profesi perawat. Jumlah perawat saat ini mencapai 220.575 jiwa, berdasarkan rasio WHO, jumlah tersebut sebenarnya sudah mencukupi.

"Masih banyak perawat yang lebih suka tinggal dan bekerja di kota besar sehingga keberadaan perawat di daerah terpencil, masih minim. Apalagi kalau perawat itu pendidikannya tinggi, dia tidak mau lagi mengurusi pekerjaan yang istilahnya kotor, mereka maunya bekerja di manajemen keperawatan," kata Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi.

Buat meningkatkan kompetensinya, perawat dapat meningkatkan jenjang pendidikannya ke tingkat lebih tinggi  disertai upaya mengasah etika tata cara pelayanan pasien.

"Masyarakat sekarang kritis, saya pernah menerima SMS aduan dari masyarakat bahwa perawat di sebuah puskesmas jahat. Saya kaget juga kok menteri sampai mengurusi hal seperti ini, tapi memang begini lah fakta yang harus kita benahi bersama," ujar Nafsiah.

Perawat, kata menkes, idelanya bekerja profesional, melayani dengan kasih sayang, dan memegang teguh etika profesi.

"Pemahaman pada hal itu sangat penting, sebab pada 2015 akan diberlakukan Masyarakat ASEAN, akan banyak tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia, tidak terkecuali perawat.

Saya tidak bisa menghalau perawat asing masuk ke Indonesia. Makanya kalau mutu perawat kita tidak becus, maka kita akan kalah bersaing," ujar Nafsiah.

Namun, Nafsiah juga mengapresiasi perkembangan dunia keperawatan yang sudah mampu menghasilkan perawat dengan spesialisasi anak, bedah, kanker, lansia dan cacat.

"Ini cukup membanggakan walaupun ada pula  yang tidak mau mengambil spesialisasi itu. Di dunia internasional dunia keperawatan kita juga sudah mulai dilirik, misalnya oleh Jepang. Mereka meminta perawat Indonesia datang ke Jepang untuk merawat lansia karena perawat Indonesia dikenal ramah dan sabar," kata dia. (IZN - pdpersi.co.id)

 http://www.pdpersi.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar


Chat Box